[REVIEW] Shopping Service(?) : CD Japan Indonesia

KALAFINA CD SINGLE
believe + ring your bell
Review Shopping Service(?) : CD Japan Indonesia

Seumur-umur beli CD asli dari situs luar negeri itu, ya pertama kali waktu beli dua single dari trio favorit gue ini, Kalafina. Sebelumnya pernah beberapa kali beli CD ori, tapi yang sudah dilisensi di Indonesia. Sayangnya, Kalafina (kayaknya) belum punya album/single yang sudah dilisensi di Indonesia, jadi kalau mau koleksi ya harus bela-belain dikitlah~

Mungkin kalau sudah niat beli CD secara online dari toko luar negeri, pikiran pertama yang terlintas adalah, “gimana cara bayarnya?”. Awalnya gue juga nggak paham, tapi dengan modal searching info di internet, kurang-lebih jadi mengerti dasar-dasarnya. 

Oh iya, sebelum merambah ke beli CD, gue pernah coba beli beberapa Light Novel dari Jepang via situs YesAsia. Waktu itu gue nebeng kartu kredit bokap untuk bikin akun di Paypal. Pada saat itu, prosesnya lancar-lancar aja. Apalagi YesAsia punya sistem bebas ongkir untuk beberapa produk, termasuk Light Novel yang gue pesan itu. Kekurangannya, pihak sana nggak bisa kasih nomor resi (buat ngecek status barang selama pengiriman), jadi gue nggak bakal bisa nge-cek keberadaan barang tersebut—alias pasrah aja sampai barangnya datang. Syukurlah, pengalaman pertama belanja itu berakhir dengan baik. Pesanan gue sampai dengan selamat kira-kira satu bulan setelah semua proses pesan dan bayar kelar.

Balik lagi ke soal CD, gue baru jadi penggemar Kalafina mungkin sekitar akhir 2013/awal 2014. Terus baru pada awal tahun 2015 gue tergerak untuk coba ngumpulin hasil karya mereka yang ori. Waktu itu, gue langsung niat pesen di YesAsia. Bebas ongkir itu lumayan banget buat berhemat! Tapi… jreng, jreng, jreng. Ternyata kartu kredit bokap sudah tamat riwayatnya. Ditambah lagi, orang-orang rumah gue lagi tobat semua nggak mau pakai kartu kredit. Gue pun nggak mau buat, tapi susah juga jadinya kalau kepengen beli CD begini. Apalagi… sekali lagi, CD Kalafina (kayaknya) BELUM dilisensi di Indonesia, jadi susah cari ori-nya kecuali beli langsung dari Jepang atau dari negara lain yang punya lisensi.
           
Akhirnya, setelah searching sana-sini dan cari referensi, bertemulah gue dengan cdjapanindo.wordpress.com. Untuk keterangan lengkap tentang apa itu CD Japan Indonesia, langsung saja bertandang ke blognya. Intinya, owner CD Japan Indonesia yang namanya Mochi-san siap membantu orang-orang yang berniat beli cd ori dari web luar negeri, terutama dari CD Japan.

Mulailah gue tanya-tanya via blog dan email tentang pembelian cd dari YesAsia. Singkat cerita, deal pun terjadi dan gue tinggal duduk santai menunggu cd pesanan gue sampai setelah Mochi-san membantu mengurus pembayarannya. Waktu itu gue belinya single Kalafina yang judulnya “believe” + CD Love Live pesenan adek gue XD

Nah, masalahnya mulai dari sini. Waktu itu gue melakukan pemesanan di bulan Oktober, untuk cd yang baru rilis bulan November. Ada email pemberitahuan dari pihak YesAsia yang diforward oleh Mochi-san bahwa barangnya dikirim tepat pada hari rilis itu. Ekspektasi gue, paling lambat barang sampai bulan Desember. Tapi dinanti-nanti barang tak kunjung datang… sampai Januari pun berakhir. Gue pun email Mochi-san dan diminta menunggu maksimal 12 minggu sejak barang dikirim. 12 minggu berlalu… barang masih tak ada wujud fisiknya. Masalahnya adalah, berhubung jasa free ongkir YesAsia nggak ngasih nomor resi pengiriman barang, gue nggak akan bisa nge-cek kondisi barang itu gimana. Gue email lagi, kali ini Mochi-san membantu untuk ngurus komplain plus pengiriman ulang. Kali ini ditawarin pakai ongkir sama pihak YesAsia, yowes gue ngalah pakai ongkir asal cd-nya sampai TTATT

Setelah itu… voila! CD-nya sampe kira-kira seminggu setelah pengiriman ulang diurus. Waaai! Untung Mochi-san cepat tanggap dan kasih full-support sampai barangnya bener-bener dateng!

Kapok berurusan sama free ongkir, gue melakukan pemesanan kedua untuk single Kalafina yang “ring your bell” + CD Love Live (lagi) titipan adek gue di CD Japan, kali ini masih lewat Mochi-san. Pemesanan dilakukan bulan April, single rilis tanggal 13 Mei, sudah ada resi pengiriman dari tanggal 11 Mei, lalu barangnya sudah sampai tanggal 15 Mei! Dobel waaai!

Intinya, recommended banget kalau mau pakai jasa Mochi-san buat beli CD ori dari situs luar negeri. Baiknya, sih tanya-tanya dulu sama minta pendapat tentang website tempat mau beli CD. Sebelum ini, sih guenya aja yang sotoy langsung pede pesen pake free ongkir YesAsia (ngerasa udah pernah berhasil pakai free ongkir, hahaha!). Tapi ya gitu… disarankan diskusi dulu saja. Berdasarkan pengalaman, Mochi-san cukup open buat diajak diskusi dulu, kok. =D

Nah, sekarang saatnya mengagumi single baru karya Kalafina~


18 Mei 2015
karasuhibari

1 comment:

  1. Makasih loh atas review pembelian via cdjapanindo.

    Miga bisa ngasih pencerahan buat yg laen yg blum pernah pesen ato ragu2 mau mesen. Hehe

    Ttep keep support our fav. Artist by buying their original cd/goods

    ReplyDelete

Powered by Blogger.